pendahuluan
Siklus hidup sistem (system life cycle –
SLC) adalah proses evolusioner yang diikuti dalam menerapkan sistem atau
subsistem informasi berbasis komputer. SLC sering disebut dengan pendekatan air
terjun (waterfall approach) bagi pengembangan dan penggunaan
sistem. Dilakukan dengan strategi Top-Down Design.
pembahasan
DASAR PERENCANAAN SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
Sistem Informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari
suatu organisasi yaitu: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat
lunak, dan data.
Sistem Informasi dapat berupa gabungan dari beberapa elemen teknologi
berbasis komputer yang saling berinteraksi dan bekerja sama berdasarkan suatu
prosedur kerja (aturan kerja) yang telah ditetapkan, dimana memproses dan
mengolah data menjadi suatu bentuk informasi yang dapat digunakan dalam
mendukung keputusan.
SIKLUS HIDUP SISTEM
1.
Fase Perencanaan
Menunjukan setiap
langkah yang harus dilakukan dan mengidentifikasi tanggung jawab manajer
dan spesialis informasi dalam hal ini adalah analis system.
2.
Fase Analisis dan Disain
Bila perencanaan telah
dilakukan dan mekanisme pengontrolan telah ditetapkan lalu
dilanjutkan ke fase analisis dan disain. Face inin untuk menganalisa setiap
proyek yang kita buat.
3.
Fase Implementasi
Pada point ini,desain
ha darnya berada pada kertas.Ia merupakan model dari system yang
direncanakan.Sekarang perlu mengubah model tersebut menjadi system
fisik.Implementasi adalah akuisisi dan integrasi dari sumber fisik yang
menghasilkan system yang bekerja.
4.
Fase Operasi
Segera sesudah operasi
penggantian yaitu jika system baru sudah terpasang maka dilakukanlah
postimplementation review(tinjauan post implementasi untuk mengevaluasi sejauh
mana system tersebut memenuhi criteria penampilan.Secara ideal tinjauan ini
sebaiknya dilakukan oleh pihak ketiga misalnya auditor EDP atau konsultan.
PROTOTYPING
Prototype memberikan ide kepada
pembangun dan calon pemakai mengenai system dalam bentuk lengkapnya nanti akan
berfungsi.Proses prototype disebut prototyping dan dalam hal ini paling cocok
diterapkan untuk situasi dimana pemakai tidak mengetahui sepenuhnya mengenai
apa yang ia inginkan.Prot typing merupakan salah satu metode pengembangan
perangat lunak yang banyak digunakan. Dengan metode prototyping ini pengembang
dan pelanggan dapat saling berinteraksi selama proses pembuatan sistem.
Sering terjadi seorang pelanggan hanya
mendefinisikan secara umum apa yang dikehendakinya tanpa menyebutkan secara
detal output apa saja yang dibutuhkan, pemrosesan dan data-data apa saja yang
dibutuhkan. Sebaliknya disisi pengembang kurang memperhatikan efesiensi
algoritma, kemampuan sistem operasi dan interface yang menghubungkan manusia
dan komputer.
Untuk mengatasi ketidakserasian antara
pelanggan dan pengembang , maka harus dibutuhakan kerjasama yanga baik diantara
keduanya sehingga pengembang akan mengetahui dengan benar apa yang diinginkan
pelanggan dengan tidak mengesampingkan segi-segi teknis dan pelanggan akan
mengetahui proses-proses dalm menyelasaikan system yang diinginkan. Dengan
demikian akan menghasilkan sistem sesuai dengan jadwal waktu penyelesaian yang
telah ditentukan.
KESIMPULAN
Siklus hidup
sistem adalah suatu evolusi sistem berbasis komputer yang mengikuti suatu pola
yang terdiri dari beberapa fase yaitu, fase perencanaa, fase analisis dan
desain, fase implementasi dan fase operasi.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar