PENDAHULUAN
Pengertian model yaitu penyederhanaan (abstraction) dari sesuatu yang terdiri
dari berbagai jenis model yang digunakan oleh perusahaan beserta kegunaan model
itu sendiri yang mempengaruhi juga di perusahaan agar mempermudah pengertian,
komunikasi, dan memperkirakan masa depan. Model mewakili sejumlah objek atau
aktivitas yang disebut dengan entitas (entity). Manajer menggunakan
model untuk memecahkan permasalahan.
PEMBAHASANA
JENIS
MODEL
1.
Model Fisik
Adalah penggambaran entitas dalam bentuk tigas dimensi. Model fisik
yang digunakan dalam dunia bisnis meliputi maket pusat perbelanjaan, atau
prototype model baru.
Model fisik membantu suatu tujuan yang tidak dapat dipenuhi oleh
benda nyata. Contohnya investor pusat perbelanjaan dan pembuat mobil dapat
membuat sejumlah perubahan dengan lebih murah melalui rancangan model fisik
mereka dibandingkan dengan produk akhir.
2.
Model Naratif
Menggambarkan entitasnya secara lisan atau tulisan. Semua komunikasi
bisnis adalah model naratif, sehingga model naratif merupakan model yang paling
populer. Model ini sering digunakan para manajer, namun jarang dikenali sebagai
suatu model.
3.
Model Grafik
Menggambarkan entitasnya dengan sejumlah garis, symbol atau bentuk.
Model grafik digunakan dalam bisnis untuk mengkomunikasikan informasi. Banyak
laporan tahunan perusahaan kepada para pemegang saham berisikan grafik-grafik
berwarna untuk menyampaikan kondisi keuangan perusahaan. Grafik juga digunakan
untuk mengkomunikasikan informasi kepada para manajer.
Model grafik juga digunakan dalam rancangan sistem informasi. Banyak
peralatan yang digunakan oleh analisis sistem dan programmer yang bersifat
grafik. Contohnya bagan arus (flowchart) dan diagram arus data (data
flow diagram – DFD).
4.
Model Matematika
Sebagian besar perhatian dalam pembuatan model bisnis (business
modeling) saat ini tertuju pada model matematika. Semua rumus atau persamaan
matematika adalah suatu model matematika. Model matematika yang digunakan para
manajer bisnis umumnya tidak lebih rumit daripada model yang biasa digunakan
dalam matematika.
Keunggulan model matematika adalah ketelitiannya dalam menjelaskan
hubungan antara berbagai bagian dari suatu objek serta menyediakan kemampuan
prediksi. Matematika dapat menangani
hubungan-hubungan yang berdimensi lebih banyak disbanding model grafik yang
hanya dua dimenasi atau model fisik yang tiga dimensi. Bagi ahli matematika dan
manajer yang menyadari kerumitan sistem bisnis, kemampuan multidimensional
model matematik adalah modal yang berharga.
Kegunaan Model
Keempat jenis model dasar memiliki kegunaan sebagai berikut :
1. Mempermudah pengertian (pemahaman)
Suatu model pasti lebih sederhana daripada
entitasnya. Entitas lebih mudah dimengerti jika elemen-elemennya dan hubungannya
disajikan secara sederhana. Pada model fisik hanya dapat menggambarkan bentuk
objek yang ingin dipelajari. Pada model narasi, narasinya dapat diolah menjadi
ikhtisar. Pada model grafik, diagram hanya dapat menunjukkan hubungan-hubungan
utama, dan pada model matematika, persamaan matematik hanya berisi unsur-unsur
primer. Tetapi dalam setiap hal, dilakukan upaya untuk menyajikan model dalam
bentuk yang sederhana. Setelah model-model sederhana tersebut dipahami,secara
bertahap model tersebut dapat dibuat semakin rumit sehingga dapat menggambarkan
entitasnya dengan lebih akurat. Bagaimana pun, model tetap hanya menggambarkan
entitasnya dan tidak pernah tepat sama dengan entitasnya.
2. Mempermudah komunikasi
Setelah pemecah masalah (problem sorver)
mengerti entitasnya, pengertian tersebut sering perlu dikomunikasikan kepada
yang lain. Mungkin analisis sistem harus berkomunikasi dengan manajer atau programmer.
Atau mungkin seorang manajer harus berkomunikasi dengan anggaota lain dari tim
pemecah masalah.
Keempat jenis model dapat
mengkomunikasikan informasi secara cepat dan akurat kepada orang-orang yang
mengetahui makna dari berbagai bentuk, kata-kata, grafik, dan persamaan
matematika tersebut.
3. Memperkirakan masa depan
Ketelitian dalam menggambarkan entitas
membuat model matematika dapat memberikan kemampuan yang tidak dapat dimiliki
oleh jenis model lainnya. Model matematika dapat memperkirakan apa yang akan
terjadi di masa depan, tetapi tidak seratus persen akurat. Karena banyak data
yang dimasukkan ke dalam model biasanya didasarkan atas berbagai asumsi,
manajer harus menggunakan pertimbangan dan intuisi untuk mengevaluasi model.
MODEL SISTEM UMUM
Pendekatan yang dilakukan dalam hal ini
adalah berdasarkan penggunaan komputer dalam bisnis, mencakup hal semua sistem
informasi di segala jenis organisasi, dan sarana yang digunakan adalah model
sistem umum perusahaan.
Sistem Fisik
Sistem fisik perusahaan merupakan sistem terbuka, yang berhubungan
dengan lingkungannya melalui arus sumber daya fisik.
Gambar Sistem Fisik Perusahaan
1. Arus Material
Material-material input diterima dari
pemasok bahan baku dan komponen rakitan. Material ini disimpan di tempat
penyimpanan sampai dibutuhkan dalam proses transformasi. Lalu, material
tersebut di masukkan dalam aktivitas manufaktur. Pada akhir proses
transformasi, material yang sekarang sudah dalam bentuk jadi, disimpan di
tempat penyimpanan sampai dikirim kepada para pelanggan.
Pada perusahaan manufaktur, dua bidang
fungsional terlibat dalam arus material tersebut. Fungsi manufaktur mengubah
bahan baku menjadi barang jadi, dan fungsi pemasaran yang mendistribusikan
produk jadi kepada para pelanggan. Kedua bidang tersebut harus bekerja sama
untuk mempermudah arus material.
2. Arus Personil
Input personil berasal dari lingkungan.
Calon pegawai berasal dari masyarakat setempat dan mungkin dari serikat buruh
pesaing. Input personil ini biasanya diproses oleh fungsi sumber daya manusia,
kemudian ditugaskan ke berbagai bidang fungsional. Ketika berada di wilayah
bidang tersebut, para pegawai terlibat dalam proses transformasi, baik secara
langsung maupun tidak langsung. Fungsi sumber daya manusia juga memproses
pemberhentian pegawai (mengundurkan diri, phk, atau pensiun), dan sumber daya
tersebut dikembalikan kepada lingkungan.
3. Arus Mesin
Mesin-mesin diperoleh dari pemasok, dan
biasanya berada di perusahaan untuk jangka waktu lama (3 – 20 tahun atau
lebih). Namun, akhirnya semua mesin dikembalikan kepada lingkungan dalam bentuk
tukar tambah dengan model baru, atau sebagai rongsokan. Mesin-mesin tersebut
dipakai terus menerus, jarang disimpan begitu saja. Karena sumber pasokannya
yang khusus, tanpa penyimpanan, dan jalur pembuangannya juga khsusu, sehingga
arus mesin adalah sumber daya fisik yang paling langsung. Namun, pengendalian
arus mesin tersebar antar berbagai bidang fungsional yang menggunakan mesin
tersebut.
4. Arus Uang
Uang terutama diperoleh dari para pemilik,
yang menyediakan modal investasi, dan dari para pelanggan perusahaan yang
memberikan pendapatan penjualan. Sumber lainnya mencakup lembaga keuangan, yang
memberikan pinjaman dan bunga atas investas, serta dari pemerinta, yang
menyediakan uang dalam bentuk pinjaman dan bantuan. Tanggung jawab pengendalian
arus uang hanya berada pada fungsi keuangan.
Arus uang yang melalui perusahaan jarang
melibatkan uang dalam bentuk fisik. Sebaliknya, yang adalah arus sesuatu yang
mewakili uang (cek, slip kartu kredit, transaksi dalam bentuk elektronik).
Hanya pada tingkat eceran uang kas benar-benar berpindah tangan.
Karena itu arus uang menghubungkan
perusahaan dengan lembaga-lembaga keuangan, para pelanggan, pemasok, pemegang
saham, pekerja, dan pemerintah.
Sistem Konseptual
Sebagian sistem terbuka dapat mengendalikan operasinya sendiri.
Pengendalian dicapai dengan menggunakan lingkaran yang terdapat di dalam
sistem. Lingkaran tersebut dinamakan lingkaran umpan balik, yang menyediakan
suatu jalur bagi sinyal-sinyal dari sistem ke mekanisme pengendalian dan
sebaliknya. Mekanisme pengendalian adalah sejenis alat yang menggunakan sinyal
umpan balik untuk mengevaluasi kinerja sistem dan menentukan apakah perlu
dilakukan tindakan perbaikan.
1. Sistem Lingkaran Terbuka
Adalah suatu sistem tanpa lingkaran umpan
balik atau mekanisme pengendalian
2. Sistem Lingkaran Tertutup
Adalah suatu sistem yang memiliki
lingkaran umpan balik dan mekanisme pengendalian
PENGGUNAAN MODEL SISTEM UMUM
Berdasarkan uraian-uraian sebelumnya telah jelas mengenai bentuk
model sistem umum, yang dapat diterapkan pada jenis-jenis organisasi yang ada
pada saat ini, walaupun perlu adanya beberapa modifikasi. Misalnya penggunaan
model sistem umum pada organisasi yang menghasilkan produk dan jasa.
Pasar Swalayan
Semua sumber daya fisik mengalir melalui sistem fisik sebuah pasar
swalayan. Arus utama adalah material, yaitu bahan makanan dan barang-barang
lain yang dijual. Arus personil terdiri dari manajer toko, kasir, pegawai
gudang, dan orang-orang lain yang dipekerjakan untuk suatu jangka waktu dan
akhirnya berhenti. Sejumlah kecil mesin digunakan, yaitu alat pembaca bar
code di kasir. Terdapat pula mesin-mesin di belakang layar seperti
komputer, kalkulator dan telepon. Alat lainnya mencakup lemari pendingin, kotak
peraga, dan rak-rak untuk menempatkan barang dagangan yang akan dijual. Arus
uang ke pasar swalayan disediakan oleh para pelanggan, dan arus keluar terutama
berbentuk pembayaran kepada para pemasok, pegawai dan pemilik.
Proses transformasi meliputi membuka karton dan mengatur barang
dagangan di rak. Dengan perkataan lain adalah semua kegiatan yang membuat
berbagai produk siap untuk dijual secara mudah dan menarik.
Elemen manajemen dalam sistem konseptual terdiri dari manajer toko
dan para asisten manajer.
Pengolah informasi adalah komputer toko tersebut, yang mengendalikan
alat pembaca bar code dan menyediakan harga-harga untuk berbagai barang.
Komputer juga mengirim data ke kantor pusat yang menyebutkan barang-barang yang
akan dipesan, menyediakan statistik penjualan, dan sebagainya.
Standar kinerja paSar swalayan ditetapkan bersama oleh kantor pusat dan manajemen toko.
Standar dalam bentuk kuota penjualan dan anggaran operasi memberi para manajer
panduan mengenai tingkat kinerja yang harus dicapai. Manajer menggunakan
pengamatan dan pengolah informasi untuk memantau kinerja aktual dan
membandingkannya dengan standar.
Manajer menerima sejumlah laporan yang menunjukkan barang mana yang
laku, dan yang tidak. Manajer menanggapi laporan tersebut dengan mengambil
tindakan seperti menyesuaikan jumlah pesanan, mengatur ulang rak, mengadakan
obral, serta menambah papan tanda dan rak promosi. Laporan tersebut juga dapat
menunjukkan jam dan hari dimana penjualan sangat tinggi dan sangat rendah.
Informasi tersebut berguna untuk mempekerjakan dan menjadualkan para pegawai
agar dapat memberikan pelayanan yang memadai bagi pelanggan.
Manajer pasar swalayan menggunakan informasi dari pengolah informasi,
ditambah standar-standar yang ada, sebagai dasar untuk membuat sejumlah
perubahan dalam sistem fisik sehingga pasar swalayan dapat terus bekerja menuju
tujuannya.
Kantor Pengacara
Biasanya terdiri dari sejumlah kecil kaum profesional yang telah dididik
secara khusus dan disahkan untuk melaksanakan tugas-tugas mereka. Tugas mereka
lebih menekankan aktivitas mental daripada fisik. Arus materialnya sangat
sedikit, terutama berupa perlengkapan pencatatan (misal kertas, dan pensil).
Setiap kantor pengacara merupakan sistem fisik yang terkendali. Pada
kantor yang besar, pengendalian dilaksanakan oleh beberapa orang yang disebut partner.
Tanggung jawab utama para partner adalah memastikan bahwa perusahaan
mencapai tujuannya.
Standar kinerjanya kemungkinan besar tidak serinci standar di pasar
swalayan. Kantor pengacara itu mungkin tidak berusaha untuk menangani sekian
banyak kasus atau memenangkan sekian persen persidangan. Namun, kita
mengasumsikan tujuan pada laba, karena partner mengerti bahwa laba adalah kunci
kelangsungan operasi.
KESIMPULAN
Penggunaan model perusahaan sangat penting dalm suatu perusahaan agar
mencegah terjadinya kekacauan dalam suatu sistem perusahaan, dan memudahkan
dalam menjalankan perusahaan tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
widyo.staff.gunadarma.ac.id
http://id.wikipedia.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar