PENDAHULUAN
Komputer adalah
serangkaian mesin elektronik yang
terdiri dari komponen-komponen yang dapat saling bekerja sama, terprogram, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi.
Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program
yang diberikan kepadanya.
I.
ARSITEKTUR KOMPUTER
Komputer dengan tujuan umum
memiliki tipe komponen yang sama, yaitu :
Ø Prosesor
Ø Memori
Ø Penyimpanan sekunder
Ø Perangkat Input
Ø Perangkat Output
gambar skema komputer
Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau
prosesor. Prosesor adalah komponen yang berupa chip. Chip adalah sekeping
silicon berukuran bebrapa millimeter persegi yang mengandung puluhan ribu
transistor dan komponen elektronik yang lain.
Penyimpanan Primer
Ukuran kapasitas penyimpanan primer :
Satuan
|
Ekivalen
|
Keterangan
|
Byte
|
8 bit
|
Untuk menyimpan sebuah
karakter pada sistem ASCII atau EBCDIC
|
Kilobyte
|
1024 byte
|
Awal PC hanya memiliki
memori 640 byte
|
Megabyte
|
1024 KB
|
Memori PC pd saat ini
berkisar antara 64 – 256 Megabyte
|
Gigabyte
|
1024 MB
|
Ukuran hard disk yang
digunakan berkisar antara 20 – 40 gigabyte
|
Terabyte
|
1024 GB
|
Database yang sangat
besar
|
Pentabyte
|
1024 TB
|
Penggunaan di masa datang
|
Bentuk Penyimpanan Sekunder :
·
RAM (Random
Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
·
ROM (Read
Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena
data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang
·
Cache Memory, merupakan RAM khusus yang
bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.
B. PERALATAN INPUT
1.
KEYBOARD
Unit input yang paling popular, dimana pengguna
memasukan data dengan menekan tombol-tombol yang tepat.
2.
ALAT PENUNJUK
·
Mouse
·
Trackball
·
Touch Screen
·
Light Pen
·
Unit Remote Control
3.
ALAT INPUT OTOMATIS DATA SUMBER
·
Alat Pembaca Optis, alat input yang
membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian
menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric. Contoh :
Scanner, OCR (Optical Character Recognition),
OMR (Optical Mark Reader)
·
Alat Pembaca Magnetis, alat pembaca yang
menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet.
Contoh : MICR (Magnetic Ink Character
Recognition).
4.
ALAT INPUT PENGENAL SUARA
Unit pengenal suara (speech recognition unit)
·
Mikropon
·
Automatic Speech Recognation (ASR)
·
Touchtone
5.
ALAT INPUT VIDEO
Video Camera recorder atau Camcoder
6.
ALAT INPUT PENERIMA GERAK
·
Headset
·
Glove
·
Walker
C. PENYIMPANAN SEKUNDER
·
Pita Magnetik : Reel Tape dan
Tape Cartridge
·
Hard Disk : Removable dan Non
removable
·
Floppy Disk
·
Piringan Optik : CD, DVD
·
USB Flash Disk
·
Smart Card
·
Kartu memori
D. PERALATAN OUTPUT
Dibagi menjadi dua, yaitu :
1.
Softcopy, terdiri dari dua
jenis :
·
Monitor : CRT dan Layar Datar
(LCD, EL, Plasma)
·
Audio
2.
Hardcopy, terdiri dari :
·
Printer : Impact, Thermal,
Inkjet, Laser, Multifungsi
·
Plotter : Pena, Electrostatis,
Thermal, Pemotong, Format Le bar
·
Computer Output Microfilm (COM)
II.
SOFTWARE
Perangkat lunak terbagi menjadi
dua, yaitu :
A.
Perangkat Lunak Sistem
·
Perangkat lunak yang
melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.
·
Ada tiga jenis
dasar perangkat lunak sistem :
§ Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai,
perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh :
Windows XP, DOS, UNIX
1.
Menjadwalkan Tugas
2.
Mengelola sumber daya perangkat
keras dan perangkat lunak
3.
Menjaga keamanan sistem
4.
Memungkinkan pembagian sumber
daya untuk beberapa pemakai
5.
Menangani Interrupt
6.
Menyiapkan catatan pemakaian
§ Program Utility, suatu routine
yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar
tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.
§ Penerjemah Bahasa Komputer
Ø Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
Ø Bahasa Generasi Kedua, Assembler
Ø Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
Ø Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer
atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut
dilakukan.
B.
Perangkat Lunak Aplikasi
1.
Pemrograman Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk
melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit
perusahaan.
2.
Paket Jadi
Ada empat kelompok besar :
§ Paket Aplikasi Bisnis Umum
§ Paket Aplikasi Khusus Industri
§ Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
§ Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan
III.
PERANAN PERALATAN INPUT DAN OUTPUT SERTA SOFTWARE DALAM PEMECAHAN
MASALAH
Keseluruhan komponen perangkat input, output dan
software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah.
Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat
input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat
keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para
manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan
menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.
KESIMPULAN
Komputer adalah serangkaian komponen yang saling terintegrasi dengan baik
dan berhubungan membentuk suatu sistem dengan perogram didalamnya. Untuk
menajalnkan komponen-komponen tersebut
dibutuhkan aliran listrik /energi.
DAFTAR
PUSTAKA
dharmayanti.staff.gunadarma.ac.id
http://www.scribd.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar