1. AKTIVITAS BISNIS
SIKLUS PENDAPATAN
A. Entri pesanan penjualan
Fungsi entri pesanan
penjualan mencakup aktivitas utama, yaitu :
a)
Mengambil pesanan penjualan
b)
Persetujuan kredit
c)
Memeriksa persediaan
d)
Menjawab permintaan pelanggan
Bagaimanapun data
pesanan pelanggan diterima pada awalnya, merupakan hal yang penting bahwa semua
data yang dibutuhkan untuk memproses pesanan tersebut dikumpulkan dan dicatat
secara akurat. Oleh sebab itu, pemeriksaan edit berikut ini harus dilakukan
untuk memastikan akurasi yang menyeluruh:
- Pemeriksaan validitas, Uji kelengkapan
- Uji kewajaran
- Persetujuan kredit
- Otorisasi umum, Batas kredit
- Otorisasi khusus:Pemeriksaan batas
- Pemeriksaan validitas, Uji kelengkapan
- Uji kewajaran
- Persetujuan kredit
- Otorisasi umum, Batas kredit
- Otorisasi khusus:Pemeriksaan batas
Langkah berikutnya
adalah, menetapkan apakah tersedia cukup persediaan untuk memenuhi pesanan
tersebut. Kemudian Internally generated
documents produced by sales order entry:
- Pesanan penjualan
- Slip pengepakan
- Kartu pengambilan barang
- Pesanan penjualan
- Slip pengepakan
- Kartu pengambilan barang
B. Pengiriman
Bagian ini mencakup aktivitas :
a) Pengambilan dan Pengepakan pesananan
Kartu pengambilan barang yang dicetak sesuai dengan entri pesanan
penjualan akan memicu proses pengmbilan dan pengepakan.
b)
Pengiriman pesanan
Departemen pengiriman membandingkan perhitungan fisik persediaan dengan
jumlah yang ditunjukan dalam kartu pengambilan barang dan dengan jumlah yang
ditunjukan dalam salinan pesanan penjualan yang dikirim secara langsung ke
bagian pengiriman dari entri pesanan penjualan.
C. Penagihan dan piutang usaha
Dua aktivitas yang dilakukan pada stage siklus pendapatan ini adalah:
1. Invoicing customer (Penagihan)
Dokumen dasar yang
dibuat dalam proses penagihan adalah faktur penjualan yang memberitahukan
pelanggan mengenai jumlah yang harus dibayar dan kemana harus mengirimkan
pembayaran.
2. Maintaining customer accounts (Pemeliharaan data piutang usaha)
Fungsi piutang usaha
yaitumenggunakan informasi dalam faktur penjualan untuk mendebit rekening
pelanggan dan mengkredit rekening tersebut ketika pembayaran diterima.
Dua cara
dasar atau metode untuk mengurus data piutang usaha
a.
Metode faktur terbuka
Para pelanggan biasanya membayar sesuai jumlah faktur
tiap penjualan
b.
Metode pembayaran gabungan
Para pelanggan biasanya membayar sesuai dengan jumlah yang
diperlihatkanpada lap[oran bulanan, bukan membayar setiap jumlah pada faktur
penjualan
Type of
billing system (Jenis sistem penagihan) :
1. Postbilling system: invoices
are prepared after a copy of the bill of ladings is receiving from the shipping
department. Postbilling system Are comon in manufacturing companies. (Dalam sistem setelah penagihan, faktur dipersiapkan
setelah confirmasi bahwa barang-barang dikirim).
2. Prebilling system: invoices
are prepared(but not sent) as soon as the order is approved
(Dalam sistem pra
penagihan, faktur dipersiapkan (tetapi tidak dikirim) sesegera pesanan
disetujui)
D. Penagihan kas
Dua bagian yang
terlibat dalam aktivitas ini adalah:
1. Kasir
2. Fungsi piutang dagang
Keputusan-keputusan penting dan Kebutuhan Informasi:
1. Pentingnya pengurangn pencurian kas.
2. Fungsi penagihan piutang dagang seharusnya tidak mempunyai akses phisik ke kas atau cek.
3. Fungsi piutang dagang harus mampu mengidentifikasi sumber suatu pengiriman uang dan vaktur aplikasi harus dikredit.
Dokumen, catatan, dan prosedur:
1. Cek diterima dan dikirim (disimpan).
2. Daftar pengiriman uang dipersiapkan dan dimasukkan secara on-line pelanggan, nomor faktur, dan jumlah setiap pembayaran.
3. The system performs a number of on-line edit checks to verify the accuracy of data entry.
sumber :
http://jajusuf.blogspot.com/2012/01/aplikasi-siklus-pendapatan-dan.html
1. Kasir
2. Fungsi piutang dagang
Keputusan-keputusan penting dan Kebutuhan Informasi:
1. Pentingnya pengurangn pencurian kas.
2. Fungsi penagihan piutang dagang seharusnya tidak mempunyai akses phisik ke kas atau cek.
3. Fungsi piutang dagang harus mampu mengidentifikasi sumber suatu pengiriman uang dan vaktur aplikasi harus dikredit.
Dokumen, catatan, dan prosedur:
1. Cek diterima dan dikirim (disimpan).
2. Daftar pengiriman uang dipersiapkan dan dimasukkan secara on-line pelanggan, nomor faktur, dan jumlah setiap pembayaran.
3. The system performs a number of on-line edit checks to verify the accuracy of data entry.
sumber :
http://jajusuf.blogspot.com/2012/01/aplikasi-siklus-pendapatan-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar